0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petani Rame-rame Siapkan Benih Tanaman

Bresss! Hujan Pertama Guyur Wonogiri

Warga berteduh di sebuah warung makan saat turunnya hujan pertama di Wonogiri, Senin (8/10) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Senin (8/10) sebagian wilayah Wonogiri mulai diguyur hujan. Meski tidak begitu deras, hujan pertama itu membuat kalangan petani mulai menyiapkan benih tanamannya.

Hujan mengguyur daerah di Selogiri, Kecamatan Kota, Ngadirojo, Sidoharjo dan sebagian Kecamatan Nguntoronadi, dengan durasi antara 15 hingga 20-an menit.

Sardi (55), warga Pondok, Ngadirojo menuturkan, dirinya beserta rekan mulai mempersiapkan piranti dan bibit tanaman palawija saat hujan pertama muncul. Meski belum dapat dipastikan kapan akan segera menanam benih.

“Yang penting menyiapkan benih palawija seperti jagung, kedelai, maupun kacang, jadi nanti tinggal menanam saat air benar-benar mencukupi,” kata Sardi.

Di tempat lain, di Desa Ngadiroyo, Nguntoronadi, hal yang sama dilakoni petani. Biasanya awal penghujan mereka memilih menanam palawija. Sementara untuk padi ditanam usai panenan palawija.

“Tapi untuk awal menanamnya kapan kita belum tahu, mungkin menanti kalau sudah turun hujan 2 atau 3 kali lagi, yang pasti kita siap-siap benihnya saja,” tutur Suwiji (42) melalui sambungan telepon.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge