0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Check In, Penumpang Garuda Tak Perlu Bayar Airport Tax

Pesawat Garuda Indonesia (Dok. Timlo.net/)

Solo —  Calon penumpang pesawat Garuda Indonesia (GA), kini tak perlu lagi membayar airport tax saat melakukan check-in di bandar udara (Bandara). Pasalnya, baru-baru ini GA, Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II memberlakukan ketentuan biaya passenger service charge (PSC) dimasukkan ke dalam tiket penerbangan.

Hal ini, menurut General Manager Garuda Indonesia Branch Office Solo, Flora Izza, Senin (8/10), dilakukan tidak lain demi memberikan kemudahan layanan penerbangan. Adapun untuk pelaksanaannya sendiri, berdasarkan kesepakatan bersama penerapan PSC ke dalam tiket tersebut, sementara ini baru berlaku untuk penerbangan sektor domestik.

Sementara pemberlakuan ketentuan PSC untuk penerbangan internasional, sejauh ini masih belum dapat dilaksanakan. Mengingat hal tersebut harus mengacu pada mekanisme International Air Transport Association (IATA) atau Asosiasi Perusahaan Penerbangan Internasional.

Ketentuan PSC ke dalam tiket ini, dikatakan Flora, mulai berlaku efektif pada 4 Oktober 2012 lalu. Khusus pada 1 hingga 3 Oktober merupakan masa transisi, sehingga pada rentang waktu tersebut calon penumpang masih harus membayar PSC di Bandara.

Sementara itu dalam kaitan penerapan PSC, calon penumpang diharapkan membawa print tiket yang akan digunakan untuk melakukan penerbangan. Hal ini untuk lebih memudahkan dalam melaksanakan proses check-in.

Penerapan PSC ini sendiri tidak berlaku pada penerbangan GA yang dilaksanakan dari Bandara yang berada di bawah pengelolaan unit pelaksana teknis (UPT). Di antaranya Bandara Malang, Palu, Kendari, Timika dan Tanjungkarang.

Manajer Operasional PT Angkasa Pura II Bandara Adi Soemarmo Solo, Rini Sri Rahayu, menambahkan PT Garuda Indonesia merupakan maskapai pertama di Indonesia yang menggabungkan sistem tiket dan airport tax.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge