0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Ini Mulai Beroperasi

RSUD Solo Baru Mampu Tampung 10 Pasien

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Solo yang berlokasi di Ngipang, Kadipiro, Banjarsari (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Setelah sempat mundur dari jadwal, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Solo yang berlokasi di Ngipang, Kadipiro, Banjarsari mulai beroperasi hari ini, Senin (8/10). Meski mulai beroperasi, RSUD Solo baru mampu melayani 10 pasien rawat inap.

Direktur RSUD Solo, Sumartono Kardjo menjelaskan, pelayanan pasien rawat inap dan rawat jalan sudah bisa dilayani. Dari semua poliklinik pelayanan yang ada di RSUD hanya Poliklinik Gigi yang belum bisa melayani pasien. “Buka mulai hari ini. Untuk poli, hanya Poli Gigi yang belum buka. Hal ini karena instalasi saluran air kumur masih perlu pengerjaan. Instalasi ini tidak masuk dalam bestek sehingga dilakukan pengerjaan sendiri,” ujar Sumartono saat ditemui Timlo.net, Senin (8/10), di ruang kerjanya.

Dijelaskan, terkait pelayanan pasien mengingat keterbatasan tenaga perawat, RSUD Solo hanya mampu melayani 10 pasien rawat inap. “Kami hanya memiliki 13 perawat. Waktu di Banjarsari (RSUD lama), jumlah perawatnya ada 4 untuk UGD dan poliklinik. Kalau sekarang untuk UGD saja butuh 4 perawat. Bisa dibayangkan keterbatasan yang ada,” terangnya.

Oleh karenanya, dengan keterbatasan yang ada, RSUD hanya mampu menampung maksimal 10 pasien rawat inap. “Jangan sampai ada kesan nantinya RSUD menolak pasien rawat inap. Memang kemampuannya saat ini baru segitu,” ujar Sumartono lagi.

Meski demikian, untuk pelayanan lain seperti rawat jalan, persalinan relatif tidak ada masalah. “Untuk bidan dan juga UGD sudah buka 24 jam,” imbuhnya.

Di hari pertama buka, menurut Sumartono masyarakat sudah mulai berobat. “Perkiraan kami akan sepi di hari-hari pertama. Namun pagi ini sudah ada 30-40 pasien. Jumlah pastinya saya belum dapat laporan,” ujarnya.

Terkait beroperasinya RSUD Solo, Sumartono mengaku sudah melakukan sosialisasi. “Sudah kami lakukan sosialisasi dengan menempel pengumuman di Banjarsari (RSUD lama ). Jangan sampai ada pelayanan yang tidak diketahui masyarakat,” tukasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge