0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kartu SIM Bisa Dikunci dari Jarak Jauh

Awas! Serangan Baru pada Peralatan Android

Samsung Galaxy Note II. (Dok:Timlo.net/Ranu)

Timlo.net — Samsung telah memperbaiki cacat di Unstructured Supplementary Service Data (USSD) yang bisa digunakan untuk menghapus semua data yang ada di smartphone Galaxy S III dari jauh, tapi ternyata ancaman ini belum berakhir. Menurut beberapa peneliti keamanan, 400 juta pengguna peralatan Android mengalami resiko yang sama dengan para pemilik Galaxy S III.

Ternyata, tidak hanya para pemilik Samsung Galaxy S III yang rawan terhadap penghapusan data ini. Setelah cacat di USSD ditemukan, ternyata para ahli menemukan cara-cara baru untuk mengeksploitasi cacat tersebut. Menurut para ahli keamanan Internet, jenis baru dari serangan USSD bisa mempengaruhi peralatan-peralatan lain yang menggunakan sistem operasi Android mulai dari versi 2.3x hingga versi 4.1x.

Dilansir dari daniweb.com, beberapa serangan diperkirakan mengincar SIM card dengan cara mengubah nomer PIN dari SIM card tersebut. Dan saat sang pemilik salah memasukkan nomer PIN hingga beberapa kali, maka SIM card tersebut akan dikunci.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, pertama kita bisa mengupdate versi Android kita terutama untuk update keamanan. Yang kedua kita bisa menginstall software keamanan yang memblok serangan terhadap kartu SIM kita. Cobalah menginstall aplikasi Bitdefender USSD Wipe Stopper dan ESET USSD Control.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge