0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tari Turangga Seta

17 Pria Perkasa Siap Maju Perang

Tari Turangga Seta dipentaskan di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kegagahan seorang prajurit digambarkan jelas dalam tarian yang diberi nama Tari Turangga Seta yang dipentaskan di Sasana Pagelaran Kraton Kasunanan Surakarta Minggu (7/10). Sekitar 17 lelaki dengan asesoris kuda kepang dan dengan wajah yang menyeramkan menari menunjukkan keperkasaan dan kelihaian mereka dalam seni olah beladiri. Dengan diiringi musik yang menggelegar dan dengan dikomandani seorang panglima mereka menari sekaligus menyusun formasi perang.

Tarian berdurasi sekitar 20 menit tersebut ditarikan dengan sangat energik dan luwes. Sehingga sangat cocok bila tarian tersebut juga disebut dengan tari keprajuritan.

Menurut Ketua Sanggar Ngesti Budaya, Kewengen, Gubug, Boyolali, Widodo, tarian tersebut menceritakan tentang kegagahan prajurit dikala hendak menuju ke medan peperangan. Meskipun memikul beban yang sangat berat, mereka tetap harus berjuang demi melindungi tanah dan tumpah darahnya. “Tarian ini bercerita tentang keprajuritan,” ungkapnya.

Menurut Widodo, tarian yang bawakan oleh 17 penari tersebut, dipersiapkan khusus untuk memeriahkan Gelar Kesenian Rakyat di Keraton Kasunanan tersebut. Ditambahkan, butuh waktu selama 2 bulan dalam menyiapkan tarian tersebut hingga mencapai hasil yang sekarang. “Dibutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk gelaran ini. Kita tampil di keraton harus dengan persiapan yang matang sebab suatu kehormatan bagi kami bisa tampil di keraton ini,” ungkapnya ditemui seusai pementasan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge