0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nilai Investasi TPA Putri Cempo Sebesar Rp 300 Miliar

Solo — Lelang pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA) Putri Cempo berpeluang dimenangkan oleh investor bermodal besar. Nilai investasi yang digunakan cukup besar, yakni sekitar Rp 300 miliar.

Direncanakan lelang pengelolaan TPA Putri Cempo dilakukan sekitar awal tahun 2013 mendatang. Berdasarkan hasil kajian kelayakan yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), ada dua rekomendasi alternatif dalam hal sistem metode kelayakan pembangunan TPA yang berada di kawasan Mojosongo, Solo itu.

Kedua hal tersebut adalah Sanitary Landfill dan Anaerobic Degradation. “Lelang dilakukan secara terbuka melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE),” kata Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Ekbangkesra) Kota Solo, Eny Tyasni Suzana kepada wartawan, Senin (8/10).

Lebih jauh ia menjelaskan, untuk metode Sanitary Landfill, pengelolaan sampah oleh investor dilakukan selama 20 tahun. “Begitu juga dengan Anaerobatic Degradation, jangka waktunya kurang lebih sama,” ungkapnya.

Dengan sistem kerjasama dengan pihak swasta, baik pemkot maupun investor sama-sama diuntungkan. Keuntungan pemkot, permasalahan sampah bisa terselesaikan. Kekhawatiran terjadinya overload sampah bisa diatasi dengan dibangunnya unit pengolahan sampah tersebut.

Sementara keuntungan yang diperoleh investor, hasil pengolahan limbah mempunyai nilai yang dapat dimanfaatkan lagi olehnya. “Pemkot juga masih dapat sharing keuntungan,” jelas Eny.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge