0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apple Bahas Masalah Lensa di iPhone 5

Pre-order iPhone 5 di AS laris. (Dok:Timlo.net/ Apple.com)

Timlo.net —  Akhirnya Apple membahas masalah lensa yang dimiliki di iPhone pada hari Minggu (7/10) di blog resminya. Sebelumnya seorang pengguna iPhone 5 dengan nama “Kaido” memposting sebuah forum di situs ulasan teknologi bahwa dia menemukan berbagai foto yang diambilnya dengan iPhone 5 selalu meninggalkan bekas cahaya ungu.

Pemilik situs PCMag, Jim Fisher kemudian mencoba untuk membuktikan hal ini. Dia mencoba mengambil berbagai gambar dengan dua model iPhone 5 dari berbagai operator seluler di Amerika Serikat (AS). Dan hasilnya sama. Cahaya ungu ini muncul bila para pengguna mengambil foto di dekat sumber cahaya seperti matahari, lampu, layar monitor.

Apple mengatakan bahwa masalah ini muncul saat sumber cahaya itu diposisikan di sudut atau di luar obyek yang kita foto. Menurut perusahaan ini, mengubah sudut pengambilan gambar atau menutupi lensa dengan tangan di dekat lingkungan bercahaya terang bisa mengatasi hal ini.

Tapi jawaban ini dirasa kurang memuaskan. Beberapa media online pun berspekulasi mengenai penyebab cahaya ungu ini karena iPhone generasi sebelumnya, masalah ini jarang terjadi. PCMag menawarkan sebuah spekulasi bahwa hal ini “..disebabkan karena sebuah kombinasi desain lensa dan lebih penting lagi, lapisan yang digunakan untuk melindungi lensanya. Lapisan modern didesain untuk meminimalkan refleksi dan mengurangi flare parah pada lensa SLR.”

Fisher berpendapat bahwa flare cahaya ungu ini karena lapisan pelindung anti goresan safir yang baru. Mungkin komponen dalam lapisan pelindung ini berbeda dari yang digunakan di iPhone versi sebelumnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge