0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasokan Air Waduk Gajah Mungkur Makin Berkurang

Daerah Aliran Sungai Waduk Gajah Mungkur garingan. (Foto diambil Minggu 7 September 2012). (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri — Pasokan air bagi WGM (Waduk Gajah Mungkur) Wonogiri belakangan semakin berkurang, menyusul hampir mengeringnya 2 buah DAS (Daerah Aliran Sungai).

DAS Bengawan Solo Hulu di wilayah Kecamatan Batuwarno, Baturetno dan Giriwoyo dan DAS Temon di Batuwarno, Baturetno telah hampir satu pekan ini terus mengalami penyusutan volume. Penyebabnya di sepanjang aliran dipenuhi mesin pompa yang menyedot air untuk keperluan irigasi. Ini mengakibatkan air yang menuju ke muara WGM kian berkurang.

Jika kedua DAS menjadi benar-benar kering, maka total ada 3 dari 6 DAS yang berhenti memasok air ke WGM. Sebelumnya DAS Wiroko di Tirtomoyo dan Nguntoronadi telah lebih dahulu kering dengan penyebab yang sama.

“Berdasarkan pengamatan kami, memang banyak petani yang menyedot air di sepanjang DAS, sehingga air menyusut, ditambah lagi belum adanya hujan yang membuat sumber tidak mampu menyediakan air secara maksimal,” jelas Camat Baturetno, Teguh Setiyono, Minggu (7/10).

Sarjono, salah satu petani di Giriwoyo bertutur tidak ada jalan lain kecuali menyedot air dari DAS. Jika tak dilakukan maka tanaman palawijanya terancam gagal panen.

Sekedar catatan di WGM ada 6 DAS yang menjadi sumber pemasok air. Selain tiga tersebut, ada Keduang, Alang, dan Ngunggahan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge