0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kisruh Gudang Semen

Pemkot Solo Akan Mediasi PT KAI dengan Warga

Gudang semen di Purwosari (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan berupaya melakukan mediasi antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan warga terkait konflik gudang semen Purwosari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, mengatakan mediasi antara warga dengan PT KAI itu  agar permasalahan pengosongan rumah lahan serta keluhan debu segera terselesaikan.”Tanpa diminta pun kami akan melakukan komunikasi (dengan PT KAI). Kami akan melakukan mediasi,” jelas Sekda kepada Timlo.net,  Minggu (7/10), di Stadion Manahan.

Ditegaskan, mediasi tersebut dikhususkan pada aspek yang berkenaan dengan tata ruang wilayah. “Itu akan berhubungan dengan Pemkot apabila berkenaan dengan wilayah publik di lokasi itu. Pokoke kalau ada urusan dengan publik itu kewenangan Pemkot,” tegasnya.

Sebelumnya, berdasarkan surat perintah yang disampaikan PT KAI kepada 11 warga di wilayah Joho, RT 07/RW 10, Manahan, Banjarasari, tenggat pengosongan yakni Minggu (7/10). Namun, hingga Minggu warga tidak melakukan pengosongan.

Ketua Paguyuban Joho Bersatu, Dian Sakti Kusumo, menegaskan sampai Minggu (7/10) warga tidak melakukan pengosongan lantaran adanya dukungan dari Pemkot dan DPRD yang bakal melakukan mediasi antara warga dengan PT KAI. “Warga saat ini bersikap biasa-biasa saja. Mereka tetap tenang. Kalau mereka bersikap menggusur rumah warga, kami akan menggusur terlebih dahulu gudang semen. Kami bersikap seperti itu karena Pemkot dan Dewan sudah berupaya seperti itu. Kami masih percaya Pemkot dan Dewan,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge