0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kendali Pemkot Solo Dijalankan Wawali

Jokowi Dinyatakan Berhenti Sejak 1 Oktober

Walikota Solo Joko Widodo di tengah warganya (dok.timlo.net/dhefi)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah menerima surat pemberhentian Walikota Solo Joko Widodo. Untuk sementara, kendali pemerintahan dijalankan Wakil Walikota FX Hady Rudyatmo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto mengatakan Walikota Joko Widodo telah dinyatakan berhenti per 1 Oktober. “Kemarin sudah mendapatkan informasi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), ditandatangani Mendagri, (Walikota) dinyatakan berhenti per 1 Oktober. Dalam hal ini, kewenangan kami hanya mengusulkan pemberhentian Walikota, untuk selanjutnya terkait pelantikan Jokowi ada di tangan DPRD DKI Jakarta,” terang Budi saat ditemui usai menghadiri Deklarasi Nasional Pemuda MTA di Stadion Manahan, Minggu (7/10).

Ditanya perihal surat pemberhentian Jokowi tersebut sekaligus pengangkatan Wakil Walikota FX Hadi Rudyatmo menjadi Walikota, Budi mengaku belum mengetahui secara pasti. ” Saya belum melihat, tetapi informasinya dua-duanya ┬ásudah. Mungkin nanti Senin (8/10) bisa dilihat fisiknya di kantor,” ujarnya.

Dengan demikian, tambah Sekda, per 1 Oktober kendali pemerintahan di Solo dijalankan oleh Wakil Walikota FX Hadi Rudyatmo. “Ya, per 1 Oktober dijalankan Wakil Walikota. Sesuai peraturan perundang-undangan jika Walikota berhalangan tetap atau apapun namanya, tugas-tugasnya dijalankan Wakil Walikota,” imbuhnya.

Terkait pelantikan Wakil Walikota Rudi Hadyatmo menjadi Walikota, hal itu menjadi ranah DPRD Solo. “Hal itu ada di Dewan. Kami tidak perlu memohon ke Dewan. Itu bukan wilayah kami. Bolanya ada di Dewan. Termasuk penjadwalan dengan Gubernur, semuanya ada di Dewan,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge