0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Steak Madangkara, Sensasi Kuliner Nusantara

STEAK MADANGKARA-Salah satu varian steak Madangkara yang menjadi menu andalan baru Solo Paragon Hotel and Residences (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Masih ingatkah Anda akan kisah Kerajaan Madangkara? Yup, jika mendengar kerajaan yang satu ini sudah pasti ingatan akan kembali melayang ke era 1980-an, mengenang sebuah sandiwara radio, Saur Sepuh yang cukup populer kala itu.

Nah, jika Anda termasuk salah satu pendengar setia sandiwara itu, kini Anda bisa bernostalgia kembali, mengenang masa-masa silam melalui sajian kuliner ‘Steak Madangkara’. Ya, mulai awal Oktober 2012 ini, Solo Paragon Hotel and Residences sengaja menyajikan varian menu baru dengan nuansa Kerajaan Madangkara. Nuansa tersebut hadir lewat nama-nama steak yang identik dengan ajian-ajian yang ada di Saur Sepuh seperti Serat Jiwa, Rawa Rontek, Bayu Bajra dan Cipta Dewa.

Khusus untuk steak Serat Jiwa, di sini daging yang digunakan adalah daging sapi panggang. Daging tersebut lantas dipadukan dengan labu dan kentang yang telah ditumbuk untuk selanjutnya dicampur dengan perasa keju. Dalam penyajiannya ditambahkan mix salad, selada air dan bread cini (roti) serta disiram dengan saus lada hitam.

Dari keempat steak tersebut, dikatakan Executive Sous Chef Solo Paragon Hotel and Residences, Lukito, bahan maupun penyajiannya cenderung sama. Adapun yang membedakan hanya terletak pada daging dan saus yang digunakan.

Misalnya saja untuk steak Rawa Rontek, di sini daging yang digunakan adalah daging dan iga kambing dengan siraman saus kare. Sementara untuk Bayu Bajra, pihak hotel cenderung menggunakan daging ayam tanpa tulang yang disiram dengan saus jamur. Demikian pula Cipta Dewa, di sini daging yang digunakan adalah daging ikan tengiri yang disiram dengan saus spesial ala hotel.

Sementara itu, khusus untuk minuman pendamping, penyinta kuliner bisa menikmati aneka minuman istimewa bertema ‘The Kings of Java’. Di antaranya Airlangga dengan komposisi kiwi, leci, jeruk dan soda. Samaratungga yang memiliki komposisi nut, sweetcorn, fresh milk dan vanilla ice cream. Hingga Kartanegara yang merupakan campuran dari caramel sauce, fresh milk dan espresso.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge