0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

54 SD Sukoharjo Bakal Digabung

ˆSekolah Dasar (SD) di Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid B Sutanto)

Sukoharjo – Penggabungan 54 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sukoharjo, rencananya akan direalisasikan pada tahun 2013 mendatang. Hal itu, mengingat untuk proses regrouping dibutuhkan studi kelayakan terlebih dahulu.

Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo, Joko Untoro, mengatakan, proses penggabungan sekolah atau regrouping sangat berdampak pada keberlangsungan proses belajar mengajar, sehingga perlu dilakukan studi kelayakan. Dalam studi kelayakan tersebut, ada pembicaraan antara pihak desa, wali murid dan Komite Sekolah.

“Sangat perlu dilakukan pertemuan dan pembicaraan antara pihak desa, wali siswa dan Komite Sekolah sebelum memutuskan regrouping. Jangan sampai ada satupun pihak yang merasa dirugikan, karena dampak dari penggabungan sekolah ini sangat komplek,” ujar Joko Untoro.

Ditambahkan, syarat sekolah yang layak digabung yakni yang jumlah siswanya kurang dari 60. Dari survei dan laporan ke Dinas Pendidikan, diketahui ada 54 sekolah yang layak diregrouping.

“Dari tahun-ketahun banyak sekolah yang kekurangan murid. Sehingga harus dilakukan penggabungan. Kita saat ini tengah membentuk tim pengkaji regrouping. Selanjutnya untuk dilakukan studi kelayakan dan adanya pembicaraan antara pihak terkait,” jelasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge