0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Naik

Jelang Hari Raya Idul Adha, Harga Sapi Terus Naik (Dok. Timlo.net/ Sahid B Sutanto)

Sukoharjo — Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sapi di Sukoharjo terus merangkak naik. Kenaikan harga sapi menjelang hari kurban mencapai 30 persen. Sapi besar yang biasanya seharga kisaran Rp 18 juta hingga Rp 20 juta, kini naik menjadi Rp 23 juta rupiah.

Salah satu pedagang sapi di Sukoharjo, Parno mengungkapkan, kenaikan harga mencapai 30 persen atau sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta per ekornya. Kenaikan tersebut terjadi, karena banyaknya permintaan sapi untuk keperluan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha mendatang.

“Permintaan sapi memasuki bulan Oktober sudah sangat tinggi. Sehingga harga sapi terus merangkak naik. Pesenan meningkat dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa,” ujar Parno.

Pemesan sapi menjelang Hari Raya Idul Adha merambah dari luar daerah. Banyak pedagang dari luar daerah yang memesan sapi di Sukoharjo, seperti pedagang asal Purworejo, Kebumen dan daerah lain di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Bahkan banyak juga pesanan untuk dikirim ke Jakarta.

“Peningkatan pesanan sapi karena banyak juga pemesannya dari luar kota. Ada juga yang dikirim ke Jakarta. Rata-rata sapi semua mengalami kenaikan harga. Bukan hanya sapi besar yang naik. Sapi kecil juga ikut naik, dari Rp 7 juta menjadi Rp 9 juta lebih. Sedangkan sapi sedang, dari Rp 12 juta bisa mencapai Rp 14 juta hingga Rp 15 juta,” imbuhnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge