0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

9.000 Warga Polanharjo Belum Rekam Data E-KTP

Proses rekam data e-KTP (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Sebanyak 9.000 jiwa warga di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten belum melakukan rekam data untuk pendataan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Dari daftar wajib KTP sebanyak 36.000 jiwa, baru 27.000 yang sudah melaksanakan pendataan.

“Hingga selesai jadwal rekam data sudah sekitar 27.000 jiwa atau 90 persen dari total wajib KTP 36.000 jiwa yang sudah melaksanakan rekam data. Sehingga masih ada sekitar 9.000 jiwa lagi yang belum melaksanakan,” ujar Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Polanharjo, Rasidi, Sabtu (6/10).

Rasidi menjelaskan, mereka yang belum melakukan rekam data hingga saat ini disebabkan berbagai faktor, misalnya masih ada kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan, tidak mau banyak antrean sehingga menunggu watu luang, hingga masih ada yang bekerja di luar kota.

“Undangan sudah diberikan, hanya saja mungkin masih ada kesibukan lainnya sehingga tidak sempat memenuhi panggilan rekam data. Yang jelas hingga saat ini kami masih melayani warga yang hendak rekam data, baik yang sduah mendapatkan undangan ataupun yang belum,” jelas Rasidi.

Disisi lain, Rasidi menjelaskan, Pemerintah Kecamatan Polanharjo sudah mendapatkan kiriman 12.000 e-KTP dari pemerintah pusat melalui Departemen Dalam Negeri (Depdagri) awal pekan lalu. Hanya saja untuk pembagiannya masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten.

“Yang jelas untuk teknis pengambilan e-KTP nanti, kami merujuk pada surat Depdagri yang mengharuskan atas nama pemilik KTP sendiri yang mengambilnya. Artinya tidak boleh diwakilan. Sebab masih ada ferivikasi data dengan si pemilik,” ujar Rasidi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge