0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyiar Radio Harus Paham Karakteristik Suara

Solo — Suara yang bagus sebenarnya bukanlah syarat utama untuk menjadi seorang penyiar radio, tapi pemahaman terhadap karakteristik suaralah yang malah menjadi syarat utamanya. Hal ini disampaikan Farhan Arief, Manager Siaran Radio PTPN Solo dalam kelas 39 “Basic Radio Broadcast” yang diadakan Akademi Berbagi (AkBer) Solo di Radio PTPN, Sabtu (6/10).

“Misalnya kalian ingin menjadi seorang penyiar radio, tapi karakter suara kalian kebapak-bapakan. Kalau kalian melamar ke sebuah stasiun radio yang memiliki segmentasi pendengar para remaja, tentunya kalian akan ditolak,” kata Farhan memberikan contoh pentingnya pemahaman terhadap karakteristik suara.

Karena itu dia menyarankan bila seseorang ingin menjadi seorang penyiar radio yang berhasil, dia harus memahami karakteristik suaranya dan juga stasiun radio yang sesuai dengan karakteristik suaranya.

Selain karakteristik suara, ternyata ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh seorang penyiar radio. Misalnya sekalipun mereka hanya “menjual” suara dan tidak bisa dilihat secara fisik oleh para pendengar saat sedang siaran, tapi mereka juga harus menjaga penampilan.

Selain itu mereka juga harus memiliki wawasan yang luas supaya mereka bisa dengan lancar membawakan program-program radio. Salah satu pembicara lain yang juga salah satu penyiar Radio PTPN, Sara Neyrhiza membagi kisahnya tentang bagaimana wawasan yang luas itu dibutuhkan oleh seorang penyiar radio.

“Justru menjadi seorang penyiar radio dengan segmentasi pendengar para remaja harus dituntut untuk tahu berbagai macam hal, mulai dari berapa pasang sepatu yang dikoleksi oleh Selena Gomez hingga berapa tingkat inflasi yang ada di Indonesia. Karena para remaja sekarang sangat kritis,” paparnya.

Dalam kelas “Basic Radio Broadcast” ini, kedua pembicara tersebut membagi berbagai pengalaman mereka menjadi para penyiar radio mulai dari pengalaman yang menyenangkan hingga pengalaman pahit selama menjadi penyiar radio. Serta tips-tips untuk menjadi seorang penyiar radio yang baik.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge