0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Disintegrasi Bangsa dengan Penanaman Nilai Kebangsaan

Aria Bima (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Penanaman nilai-nilai kebangsaan di usia dini sangat diperlukan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari timbulnya disintegrasi bangsa.

Rencananya, penanaman nilai-nilai itu akan dimasukkan dalam kurikulum sekolah. Seperti halnya yang dikatakan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Aria Bima saat menghadiri sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Solo, pada Sabtu (6/10). menurutnya, keempat pilar kebangsaan yang perlu ditanamkan di sekolah adalah pemahaman mengenai Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Perlu ditanamkan mulai SD hingga SMA. Selama ini, pemahaman empat pilar kebangsaan yang tidak utuh akan menjadi pemicu melebarnya disintegrasi di kalangan masyarakat saat ini,” katanya kepada wartawan.

Menurutnya, pembelajaran itu tidak hanya dilakukan dengan memasukkannya pada kurikulum sekolah saja. Namun esensi yang lebih penting adalah dengan melakukan pendekatan populer kepada masyarakat. Apalagi, pengaruh liberalisme yang berkembang di dalam masyarakat bisa memunculkan disintegrasi di dalam masyarakat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge