0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perlu Perda Larangan Penangkapan Ikan di Zona Suaka

Wonogiri — Kawasan KJA (Karamba Jala Apung) Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri telah ditetapkan menjadi Zona Suaka bagi perkembangan indukan ikan Patin Siam. Meski begitu masih banyak terjadi adanya penangkapan di zona tersebut lantaran ketidaktahuan nelayan.

Dengan penetapan Zona Suaka semestinya kawasan tersebut terlarang bagi segala aktifitas penangkapan ikan. Namun yang terjadi masih kerap para nelayan menangkapi ikan di wilayah itu.

Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri, Rully Pramono Retno, Sabtu (6/10) mengakui saat ini memang masih belum ada peraturan daerah yang mengatur tentang
keberadaan larangan menangkap ikan di sekitar KJA.

”Saat dibuatnya Perda Nomor 9 Tahun 2003 tentang Retribusi Ijin Usaha Perikanan di WGM belum diketahui bahwa induk patin banyak tersebar di sekitar KJA,” jelasnya.

Andri,  salah satu nelayan Waduk Gajah Mungkur mengatakan sulit membedakan induk patin dengan ikan patin lainnya karena memang rata-rata ikan patin besar-besar. Andri pun tak tahu adanya larangan penangkapan ikan patin di sekitar KJA. ”Sampai saat ini tidak ada tanda larangan, jadi ya kami tetap menjala di sekitar itu,” ujarnya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge