0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gubernur BI: Pertumbuhan Ekonomi RI Turun

Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —¬† Pertumbuhan ekonomi negara Republik Indonesia (RI) pada 2012 ini diproyeksikan bakal mengalami penurunan dari capaian 2011 lalu. Hal ini tidak lepas dari dampak krisis hutang dan fiskal negara-negara di kawasan Eropa yang memicu gejolak di pasar keuangan global.

Hanya saja untuk saat ini, dikatakan Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution, BI masih melihat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia masih sesuai dengan perkiraan semula.

“Kami masih melihat bahwa pertumbuhan ekonomi kita masih sesuai dengan perkiraan. Meski begitu, pertumbuhan ekonomi kita dibanding tahun lalu cenderung turun,” katanya, saat ditemui wartawan seusai menghadiri acara peresmian gedung baru Bank Indonesia Solo, pekan ini.

Dari sisi kinerja ekspor, tak bisa dipungkiri tahun ini cenderung mengalami perlambatan. Darmin menyatakan, hal ini tidak lepas dari pengaruh krisis global.

“Dunia internasional sedang mengalami krisis di beberapa wilayah, sehingga ekspor kita turun harganya yang akhirnya memengaruhi inflasi,” ujar dia.

BI sendiri terus mencermati dampak penurunan kinerja ekonomi dan keuangan global terhadap kinerja perekonomian Indonesia. Dalam kaitan ini, BI akan mengambil respon suku bunga serta bauran kebijakan moneter dan makroprudensial lainnya.

Hal itu tidak lain guna memitigasi potensi penurunan kinerja perekonomian Indonesia dengan tetap mengutamakan pencapaian sasaran inflasi sebesar 4,5 persen +/- 1 persen pada 2012.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge