0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengatasi Mata Perih Karena Menatap Layar Komputer

Pastikan Password Anda Aman (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Timlo.net — Bila dulu hanya ada beberapa pekerjaan yang memerlukan komputer, tapi hampir semua pekerjaan sekarang ini mengharuskan kita menatap layar komputer selama berjam-jam. Selain penggunaan komputer, lebih banyak orang menggunakan ponsel dan smartphone sehingga kita menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar berbagai peralatan elektronik.

Dan apa dampak hal ini untuk mata kita? Berita baiknya adalah menatap layar komputer, smartphone, video game atau alat digital lainnya dalam waktu lama tidak akan menyebabkan kerusakan mata permanen. Akan tetapi, mata kita mungkin akan terasa kering dan lelah.

Hal ini dikarenakan kontruksi mata kita. Normalnya, manusia berkedip sebanyak 18 kali per menit. Tapi perhatian penuh kita pada layar peralatan digital bisa mengurangi kedipan mata. Penelitian-penelitian yang ada menunjukkan kita berkedip lebih sedikit saat menggunakan komputer.

Selain itu ada faktor lain yaitu jarak mata kita dengan komputer. Biasanya saat kita melakukan pekerjaan lain yang tidak berhubungan dengan komputer, mata kita akan secara konstan menyesuaikan dan memfokuskan ulang untuk melihat berbagai obyek dalam jarak dekat dan jauh. Tapi bila kita menatap layar komputer berjam-jam, mata kita tetap menatap obyek dengan jarak yang sama dengan mata kita dalam waktu yang lama. Dan hal ini membuat mata kita lelah.

Berikut beberapa langkah praktis untuk mengurangi mata lelah, dilansir oleh doctoroz.com:

1. Duduk sekitar 63 cm dari layar komputer dan taruh layar sedikit di bawah sehingga mata kita akan menatap agak ke bawah.
2. Kurangi silau pada layar dengan mengatur pencahayaan monitor secara tepat; gunakan sebuah screen filter bila perlu.
3. Tempelkan sebuah catatan yang bertuliskan “Jangan lupa berkedip!” di layar monitor sebagai sebuah pengingat.
4. Setiap 20 menit, alihkan pandangan Anda ke sebuah obyek berjarak kurang lebih 6 meter paling tidak selama 20 detik.
5. Gunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata bila Anda merasa mata Anda kering.
Ambil waktu rehat secara teratur, dan cobalah untuk tidur cukup di malam hari. Beranjaklah dari depan komputer untuk minum, bercakap-cakap dengan kawan atau pergi ke toilet. Hal-hal ini bisa memberikan mata Anda kesempatan untuk menfokuskan pandangannya ke berbagai obyek dengan jarak berbeda.

 

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge