0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ovum Buatan, Solusi Baru Untuk Kemandulan

Timlo.net — Untuk kali pertama, para peneliti mengaku telah mengembangkan ovum (sel telur) subur menggunakan sel-sel normal dari tikus, meningkatkan harapan ditemukannya solusi baru untuk kemandulan yang dialami para wanita.

Terobosan baru ini meningkatkan kemungkinan bagi para wanita yang tubuhnya tidak mampu memproduksi ovum secara alami. Mereka  bisa mencoba meminta tenaga medis membuat ovum di lababoratorium (lab) dengan sel mereka sendiri.  Dan kemudian ovum buatan yang sehat itu ditanam dalam tubuh mereka.

Seperti dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, tim peneliti dari Universitas Kyoto  memulai penelitian ini dengan batang sel kosong serta campuran nutrisi, mereka menciptakan ovum dalam tahap paling awal. Lalu sel tersebut ditumbuhkan di lab dengan sel indung telur, sebelum akhirnya ditanamkan ke ovarium tikus.

Langkah berikutnya dalam proses rumit ini adalah memindahkan sel-sel telur tersebut dan menggunakan teknik In vitro fertilization (IVF) untuk menyuburkan sel-sel ini.

Delapan bayi tikus kemudian lahir dari ovum ini dengan menggunakan dua teknik berbeda. Satu bayi mati tapi yang lainnya sehat. Di masa depan, ada kemungkinan untuk meniru proses ini, hanya menggunakan seiris kulit seorang wanita sebagai sumber batang sel.

Walaupun beberapa kemajuan telah dicapai sebelumnya, ini adalah kali pertama para peneliti telah berhasil menciptakan ovum-ovum yang bisa berfungsi sepenuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge