0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Orang Kreatif Cenderung Curang?

Timlo.net — Sebuah hasil penelitian terbaru mengatakan bahwa kemungkinan berbuat curang pada orang-orang kreatif cenderung lebih besar dari mereka yang tidak kreatif.

Menurut penelitian tersebut, hal ini mungkin karena bakat yang dimiliki orang kreatif meningkatkan kemampuan mereka untuk merasionalkan (membenarkan) aksi-aksi curang mereka.

“Kreativitas yang lebih besar membuat orang mampu memecahkan tugas-tugas sulit dalam banyak area, tapi bakat yang sama membuat orang mengambil ‘rute-rute’ yang tidak etis untuk mencari solusi-solusi untuk masalah dan tugas mereka,” kata pemimpin dalam penelitian ini Francesca Gino PhD dari Universitas Harvard.

Gino dan rekan penelitinya, Dan Ariely PhD, mengatakan lima penelitian untuk menguji tesis mereka bahwa orang yang lebih kreatif akan curang dalam situasi-situasi di mana mereka bisa “membenarkan” perbuatan mereka.

Para peneliti ini menggunakan serangkaian tes psikologi yang dikenal dan mengukur tingkat kreativitas  para peserta peneliti.

Seperti dilansir dari Times of India, mereka juga menguji tingkat kecerdasan para partisipan. Dalam masing-masing penelitian, para peserta diberi uang dalam jumlah kecil  sebagai insentif karena hadir dalam penelitian. Lalu, mereka diberi tugas atau tes di mana mereka bisa dibayar lebih banyak jika mereka curang.

Para peneliti juga mengatakan kepada para partisipan bahwa mereka akan dibayar lebih banyak untuk setiap jawaban benar dan membuat mereka percaya bahwa mereka bisa curang tanpa dideteksi.  Padahal, setiap kertas memiliki pendeteksi unik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin kreatif para peserta semakin besar kemungkinan mereka untuk curang dan bahwa tidak adal hubungan antara kecerdasan dengan ketidakjujuran. Contohnya semakin pintar seseorang tapi kurang kreatif, bukan berarti mereka cenderung jujur.

Penelitian ini telah diterbitkan online dalam Journal of Personality and Social Psychology.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge