0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Prioritaskan Bangun Underpass Purwosari

Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo Underpass Purwosari menjadi prioritas dibanding pembangunan underpass lainnya di Kota Solo.  Pemerintah kota (Pemkot) telah memasukkan dana pendamping pembangunan underpass tersebut di Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD 2013.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajad kepada wartawan, beberapa waktu lalu. Menurutnya saat ini pihaknya sudah selesai melakukan kajian lapangan.  Dari empat titik  rencana pembangunan underpass yaitu underpass Purwosari, Kotabarat, Pasar Nongko dan Viaduk, yang kami lebih prioritaskan yaitu  underpass Purwosari. Jika ada pilihan mana yang paling mendesak dibangun, jawaban kami ya Purwosari,” ujarnya.

Meskipun demikian, Yosca mengaku telah memasukkan usulan pendamping pembangunan empat underpass itu ke KUA PPAS APBD 2013. “Sudah kita masukkan ke KUA PPAS, namun untuk jumlahnya berapa ya belum bisa kami sebutkan. Yang jelas sudah kami masukkan,” lanjutnya.

Lebih jauh, Yosca mengatakan pihaknya belum bisa memastikan berapa underpass yang dibangun di tahun depan. Pasalnya, anggaran untuk program itu sebagian besar berasal dari APBN. “Kami belum bisa memastikan berapa yang kita bangun. Nanti juga ada pilihan mana saja yang ada dibangun terlebih dahulu,” katanya lagi.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Solo YF Soekasno mengaku belum mengetahui rencana pembangunan underpass tersebut. Kalaupun nantinya ada pengajuan di KUA-PPAS APBD 2013, pihaknya akan melakukan pencermatan  terlebih dahulu. “Ya kami belum tahu karena memang belum dilaporkan ke kami,” kata dia.

Sukasno menilai dari empat titik itu, tidak ada yang lebih dominan. Artinya, semuanya memang sudah mendesak untuk dibangun. “Semuanya mendesak dan diprioritaskan. Ya karena memang ada di persimpangan semua dan menimbulkan macet,” ujarnya lagi

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge