0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT TNI ke-67, Anggota Kodim Wonogiri Nggamel

Anggota TNI AD dari Kodim 0728/ Wonogiri saat latihan nggamel di Kantor Disbudparpora, Jumat (5/10) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Belasan anggota TNI-AD dari Kodim 0728/Wonogiri, Jumat (5/10) mengadakan latihan menabuh gamelan (nggamel) di lobby Disbudparpora (Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga) Wonogiri. Kegiatan ini ditujukan melestarikan budaya tradisi sekaligus memeriahkan HUT TNI ke-67.

Gendhing yang dijadikan menu latihan para tentara dipilih yang bersifat rancak. Seperti Palaran dan tetabuhan Jathilan Reog. Alasan menurut mereka supaya bersemangat sebab hentakannya cenderung cepat.

“Kalau yang gendhing-gendhing besar seperti Wirangrong atau Balabak yang berirama agak lambat, nanti malah kurang bersemangat kitanya Mas. Makanya kami minta yang rancak,” ujar salah satu Bintara berpangkat Serka (Sersan Kepala) tanpa mau menyebut namanya.

Sementara Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Murdjoko menyebut, latihan nggamel tersebut bakal dijadikan salah satu program bagi seluruh jajarannya. Sehingga tidak hanya Tamtama ataupun Bintara, Perwira pun diharap bersedia mengikutinya.

“Kebetulan ada beberapa anggota yang telah mahir memainkan gamelan, jadi bisa menularkannya ke anggota yang lain, disamping itu tentu saja kita mengundang pelatih gamelan dari internal Disbudparpora ” tutur Dandim.

Hanya sayang diakui Dandim, hingga sekarang grup latihan gamelan para anggotanya belum diberi nama. Alasannya belum pernah pentas. “Nanti saja kalau sudah layak dan akan pentas baru kita kasih nama,” jelas Dandim.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge