0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Joko Purnomo: Mereka Tanpa Kompensasi

KPUD Tak Bayar Tenaga Pengawas Verifikasi

Joko Purnomo, Ketua KPUD Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Lantaran Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) tingkat kabupaten/kota belum terbentuk, KPUD Wonogiri mengharap masyarakat ikut aktif memberikan pengawasan. Meski demikian tidak ada bayaran atas kompensasi hasil pengawasan dari warga.

Ketua KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Wonogiri Joko Purnomo saat dijumpai wartawan, di ruangannya, Jumat (5/10), menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan 294 spanduk. Rencananya dalam waktu dekat dipasang di seluruh desa/kelurahan.

“Spanduk berisikan himbauan kepada masyarakat untuk ikut aktif mengawasi proses verifikasi faktual atas keanggotaan dan kepengurusan partai politik yang telah menyerahkan berkas KTA (Kartu Tanda Anggota),” jelas Joko.

Menurutnya, verifikasi dijadwalkan pada tanggal 26 Oktober hingga 20 Nopember mendatang. Sekitar 20-an tenaga dipersiapkan KPUD guna melakukan kroscek atas segala data yang diserahkan parpol saat penyerahan KTA bulan kemarin.

“Sekitar 20 tenaga tersebut harus menyelesaikan untuk 25 kecamatan, ini tentu saja butuh ketelitian dan kecermatan, sehingga memerlukan peran dari masyarakat untuk membantu kelancarannya, dengan cara ikut mengawasi dan memberikan segala informasi terkait hal tersebut,” lanjutnya.

Namun wujud pengawasan dan pemberian informasi tadi bersifat partisipatif. Dalam artian tidak ada imbalan apapun yang bakal diberikan KPUD ke warga.

“Kalau Panwaslu jelas bekerja mengawasi dan mendapat honorarium, kalau dari warga hanya partisipasi mereka saja tanpa kompensasi dari kami,” tambah Joko Purnomo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge