0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Balai Bahasa Provinsi Jateng Gelar Festival Sastra

Festival Sastra di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Sastra Indonesia bertajuk ‘Dengan Sastra  Aku Menggugat’ di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Kentingan, Jebres, Solo, Kamis (4/10).

Festival yang diikuti 14 peserta dari SMA se-eks Karesidenan Surakarta tersebut berupaya memberikan wadah apresiasi, kreasi, dan ekspresi sastra di kalangan pelajar, khususnya tingkat SMA. Ketua Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Pardi Suratno mengatakan, seni sastra membangun kepekaan siswa terhadap seni dan budaya agar lebih memahami kehidupan. Hal itu perlu dilakukan sejak dini seperti usia-usia pelajar saat ini.

“Sastra saat ini mengalami kemunduran, sebab pengenalan sastra terhadap usia dini terutama usia pelajar sangat jarang diaplikasikan,” ujarnya.

Pardi menambahkan, sastrawan besar yang tumbuh di Indonesia seperti Merari Siregar, Marah Roesli, Muhammad Yamin dan nama-nama besar sastrawan Indonesia lainnya, telah dikenalkan sastra semenjak mereka duduk di tingkat SD.

Sementara salah seorang juri, Hanindawan Sutikno mengatakan, sastra lebih berwarna jika diusung melalui seni pertunjukan. Diangkatnya tajuk ‘Dengan Sastra Aku Menggugat’ menurut Hanin merupakan suatu bentuk instropeksi dari hal-hal yang bersikap negative, supaya ada perbaikan dan menuju kearah yang lebih baik.

“Seni sastra cenderung ke arah tulisan, namun apabila dikemas ke dalam seni pertunjukan untuk memvisualisasikannya maka akan menambah warna baru dalam menikmatinya,” ungkap pentolan Teater Gidag Gidig ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge