0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kuburan Kumbokarno Dipajang di Pameran Kumbokarno Gugur

Instalasi "Makam Kumbokarno" karya Abdul Azis di Balai Soedjatmoko, kamis (4/10) malam. (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Perupa asli Solo, Abdul Azis menggelar pameran tunggal di Balai Soedjatmoko Solo, Kamis (4/10) malam. Sederet karya dalam bentuk seni rupa dua dimensi maupun tiga dimensi, serta karya instalasi menghiasi pameran ini. Salah satunya adalah instalasi Makam Kumbokarno yang lumayan menarik perhatian para pengunjung pameran. Namun, lain halnya dengan  anak kecil yang takut menyaksikan instalasi kuburan.

Abdul Azis mengatakan, diangkatnya tema Kumbakarna Gugur tersebut merupakan wacana dalam gerakan moral Cinta Tanah Air dan Bela Negara melalui media Seni Rupa.

Dalam pameran tersebut sedikitnya sembilan panel relief dipajang di antara bentuk karya lainnya. Panel relief ini dibuat Abdul Azis dengan bahan kayu waru, nangka, dan trembesi. Untuk setiap panel, ia membutuhkan waktu paling cepat sekitar seminggu hingga sebulan.

“Karya yang saya pamerkan ini merupakan Panel Relief. Relief ini terbuat dari kayu yang dipahat sehingga menyerupai bentuk,” ujarnya.

Selain Panel Relief, lanjut Azis, dirinya juga membuat nisan (penanda kuburan) diatas kuburan tokoh tema yang diangkat yaitu Kumbakarna. Nisan-nisan tersebut merupakan leluhur dari Kumbakarna seperti Wisrawa, Patma dan masih banyak lainnya. “Saya juga menyertakan Kuburan Kumbakarna ini agar para penikmat pameran mengerti tentang silsilah ksatria dari Alengka yang membela tanah airnya dan bukan membela keangkara murkaan saudaranya yaitu Rahwana,” ujarnya.

Melalui pameran tersebut diharapkan bisa menjadi pencerahan terhadap semua orang yang melihat. Sebab, setiap orang di negeri ini harus memiliki sifat seperti Kumbakarna. Sifatnya yang jujur dan berani membela tanah airnya tersebut apabila diwarisi oleh semua orang maka bangsa tersebut akan besar dan makmur.

“Sifat kumbakarna ini harus ada dalam diri tiap orang di negeri ini. Sebagai contohnya apabila orang bekerja di bidang hukum juga harus berani dan tegas menyelesaikan tiap kasus, dan dirinya harus totalitas di dalam pekerjaannya dalam membangun negeri ini,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge