0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Leasing Tak Bebas Lagi Tarik Motor Kreditan

VARIAN HONDA-Varian Honda yang ditawarkan di Kurnia Kasih. Berdasarkan PMK Nomor 130/PMK.010/2012 perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor (leasing) bakal tak bebas lagi menarik kendaraan debitur yang mengalami penunggakan angsuran (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor (leasing) tampaknya bakal tak bebas lagi menarik kendaraan debitur yang mengalami penunggakan angsuran. Pasalnya, dalam waktu dekat kreditur bakal terikat regulasi yang mensyaratkan pendaftaran jaminan fidusia, paling lambat 30 hari sejak tanggal perjanjian dengan debitur.

Hal ini, menurut Ketua Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Solo, Bambang Ary Wibowo, sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 130/PMK.010/2012 tanggal 7 Agustus 2012. Peraturan ini sendiri akan berlaku efektif mulai 7 Oktober 2012 mendatang.

“Dengan keluarnya PMK ini, semua kredit kendaraan bermotor yang melalui leasing wajib hukumnya dalam tempo 30 hari sejak penandatanganan akad kredit untuk dijaminkan fidusia, jika memang mau dibebankan jaminan fidusia pada perjanjian konsumen,” tandas Bambang Ary Wibowo, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/10).

Melalui PMK ini pula kreditur tidak bisa lagi bertindak sewenang-wenang menarik kendaraan dari debitur. Pasalnya, dikatakan Bambang, ada aturan mengikat yang harus diikuti pihak perusahaan pembiayaan terkait tata cara penarikan kendaraan.

“Jadi sekarang ini tidak bisa leasing sewenang-wenang mengambil kendaraan di tengah jalan. Selama ini pemahaman tentang fidusia sendiri belum dipahami secara seratus persen oleh pihak leasing. Jadi mereka menganggap dengan adanya pembebanan jaminan fidusia, maka perusahaan dengan sendirinya menarik kendaraan yang macet sewaktu-waktu, itu yang tidak benar,” tegas dia.

Adapun untuk permasalahan leasing sendiri, sejauh ini memang cukup mendominasi kasus yang masuk di meja BPSK Kota Solo. Tercatat dari 12 kasus yang ditangani sejak Agustus 2012 lalu, lima di antaranya merupakan kasus leasing.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge