0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Rina Pimpin Gropyokan Tikus

Bupati Karanganyar, Rina Iriani Nggropyok Tikus, Kamis (4/10) pagi. (Dok.Timlo.net/ Endarini)

Karanganyar — Ribuan tikus yang menyerang persawahan di Desa Bangsri, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar membuat petani geram lantaran puluhan hektar padi siap panen rusak. Petani mengadukan ini ke pemerintah, sehingga Bupati sendiri yang turun tangan untuk ikut membasmi hama tikus.

Bersama warga sekitar, aparat TNI dan Polri, Bupati Karanganyar Rina Iriani menggelar operasi pembasmian hama tikus, Kamis (4/10) pagi. Orang nomor satu di Bumi Intanpari ini memimpin langsung gropyokan tikus, dan tidak canggung-canggung untuk turun ke sawah dan bekejar-kejaran dengan tikus.

“Sejauh ini Pemkab sudah memberikan bantuan berupa obat-obatan pembasmi tikus ke beberapa titik yang disinyalir menjadi sarang tikus yakni diberi pengemposan agar tikus mati,” ungkap Bupati Rina.

Secara khusus Bupati juga meminta petani menerapkan pola tanaman berseling. Petani diminta tidak memaksakan menanam padi sepanjang tahun, tetapi diselingi seperti menanam palawija sekali semusim, menanam kedelai atau kacang-kacangan supaya rantai tikus terputus.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge