0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wawali: Saya Mau Cek Dulu

RSUD Solo Belum Beroperasi, Nunggu Fasilitas Komplit

Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang bakal dilantik menjadi Walikota Solo (dok.timlo.net/dhefi)

Solo —  Pemkot belum berencana mengoperasikan RSUD Ngipang, Banjarsari, Solo. Meski bangunan fisiknya sudah selesai, Pemkot tidak buru-buru mengoperasikan rumah sakit yang menelan biaya pembangunan sebesar Rp 41 Miliar tersebut.

Wakil Walikota (Wawali) Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, saat ini kelengkapan yang ada di dalam rumah sakit (RSUD Solo) belum ada. “Insfrastrukturnya sudah jadi, tapi kelengkapannya belum ada. Seperti alat-alat kesehatan dan sebagainya. Jadi belum bisa kami pastikan kapan beroperasi,” katanya kepada wartawan, Kamis (4/10).

Secara bertahap, pemasangan fasilitas dan perlengkapan rumah sakit telah dilakukan. Beberapa waktu lalu, rumah sakit tipe C itu sudah dialiri listrik dari PLN. Setelah pemasangan aliran listrik, tinggal melakukan pemindahan peralatan medis rumah sakit yang lama.

Rudy, sapaan Wawali dalam waktu dekat akan mengecek kesiapan RSUD secara keseluruhan. “Yang jelas mau saya cek dulu sampai dimana kesiapannya,” tegasnya.

Sementara, kalangan DPRD ingin agar Pemkot memperbaiki akses jalan yang menghubungkan RSUD Ngipang dengan jalan raya di sekitarnya. “Alokasi anggaran dari APBD Perubahan 2012 senilai Rp2,5 Miliar. Nilai tersebut separuhnya digunakan untuk memperbaiki akses jalan angkutan umum di Solo Utara. Dari nilai itu, 50% digunakan untuk penunjang akses jalan di RSUD dan Solo Utara,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Supriyanto.

Dijelaskannya,  akses jalan menuju RSUD belum memenuhi standar lantaran masih terdapat banyak jalan yang rusak. “Kondisi jalan rusak terutama berada di wilayah Bayan, Kadipiro. Banyak sisi jalan yang bergelombang serta aspal mengelupas lantaran sering dilalui truk proyek pembangunan RSUD.  Untuk itu perlu segera diperbaiki sehingga tidak menyusahkan masyarakat yang akan berobat ke sana,” terang legislator Partai Demokrat ini.

Di sisi lain, Supriyanto menuturkan berdasarkan jadwal pembangunan RSUD, saat ini proses pembangunan sudah memasuki tahap penyelesaian dan siap dioperasionalkan. “Kalau sudah selesai langsung ditempati dan dilaksanakan operasionalnya,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge