0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rudy Dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa

Surat Pemberhentian Jokowi Telah Diterima Mendagri

Wakil Ketua DPRD Surakarta, Supriyanto (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo – Surat usulan pemberhentian  Walikota Joko Widodo dan juga surat usulan pengangkatan Wakil Walikota FX Hadi Rudyatmo telah diterima Menteri Dalam Negeri (Mendagri).  Saat ini DPRD Solo menunggu keluarnya surat keputusan dari Mendagri.  Surat keputusan pengangkatan Wakil Wali Kota menjadi Wali Kota nantinya sebagai dasar pelantikan Wakil Walikota FX Rudy Hadyatmo menjadi Wali Kota.

“Berdasar laporan Sekretaris DPRD Toto Amanto, surat tersebut sudah diterima Mendagri. Hari ini pak Toto sudah bertolak kembali dari Jakarta. Dalam hal ini proses selanjutnya menjadi kewenangan Mendagri. DPRD hanya mengirimkan surat tersebut ke Gubernur. Sementara Sekretaris Dewan hanya mengawal proses dari Gubernur ke Mendagri,” ujar Wakil Ketua DPRD Supriyanto saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/10).

Dijelaskan, DPRD hanya menunggu surat tersebut. “Kami menunggu saja. Proses selanjutnya setelah nanti surat keputusan dari Mendagri keluar ada di eksekutif. Namun jika nanti keluar surat keputusan itu pastinya kami akan mendapat tembusan. Surat itulah yang akan kami jadikan sebagai acuan pelantikan Wakil Walikota menjadi Walikota,” lanjut legislator Partai Demokrat ini.

Dijelaskan Supriyanto, jika nantinya surat usulan pengangkatan Wawali FX Hadi Rudyatmo menjadi Walikota disetujui Mendagri maka ketika surat keputusan itu keluar maka secara sah Wawali menjadi Walikota. “Ketika surat keputusan pengangkatan Wakil Walikota menjadi Walikota keluar, maka secara sah dia sudah menjadi walikota meskipun belum dilantik. Sedangkan pelantikannya nanti hanya sebatas seremonial,” bebernya.

Pelantikan Wakil Walikota menjadi Walikota sendiri akan diagendakan setelah DPRD menerima tembusan surat keputusan Mendagri. “Setelah kami terima maka akan kami gelar Rapat Pimpinan (Rapim) untuk selanjutnya mengagendakan rapat badan musyawarah (banmus). Rapat Banmus itulah yang akan mengangendakan Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda pelantikan Walikota,” tukasnya.

 

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge