0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Racun Ular Mamba Hitam Obat Penghilang Rasa Sakit yang Ampuh

Timlo.net — Para peneliti Perancis berhasil menemukan obat penghilang rasa sakit, sekuat morfin tapi tanpa efek samping yaitu racun ular mamba hitam.

Ular tersebut, yang menggunakan neurotoxin (racun syaraf) untuk melumpuhkan dan membunuh hewan-hewan kecil, dikenal sebagai salah satu ular paling berbahaya dan paling cepat di Afrika.

Akan tetapi, tes-tes yang dilakukan pada sekelompok tikus, dilaporkan dalam jurnal Nature, menunjukkan bahwa racun ular ini juga bisa digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit.

Mereka mengakui bahwa mereka benar-benar bingung kenapa mamba memproduksi racun yang bisa menghilangkan rasa sakit.

Para peneliti ini meneliti racun dari 50 spesies sebelum mereka menemukan protein pembunuh rasa sakit yang dibuat oleh mamba hitam disebut mambalgins.

Dr Eric Lingueglia, dari the Institute of Molecular and Cellular Pharmacology dekat Nice, Perancis berkata pada BBC: “Saat zat ini diuji pada tikus, fungsi analgesik (penghilang rasa sakit) sekuat morfin, tapi tanpa efek samping.”

Morfin bekerja dalam jalur opioid dalam otak kita. Zat ini bisa menghilangkan rasa sakit, tapi juga bersifat adiktif dan menyebabkan sakit kepala, kesulitan berpikir, muntah dan kedutan otot. Para peneliti berkata bahwa mambalgins mengatasi rasa sakit lewat rute yang sangat berbeda, yang seharusnya memiliki efek samping lebih sedikit.

Dia berkata bahwa cara rasa sakit bekerja di dalam tikus dan manusia sangat serupa, jadi dia berharap untuk mengembangkan obat pembunuh rasa sakit yang bisa digunakan di klinik. Tes pada sel manusia di lab juga telah menunjukkan bahwa mambalgin memiliki efek kimia yang sama pada manusia seperti pada percobaan pada tikus.

Tapi dia menambahkan: “Penelitian kami merupakan tahap yang sangat awal tentunya dan sulit untuk mengatakan apakah zat ini akan menjadi obat pembunuh rasa sakit pada manusia atau tidak. Masih perlu banyak penelitian dilakukan pada hewan.”

 

 

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge