0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Diberi Kenang-kenangan Wayang dan Keris

Wakil Walikota Solo yang sebentar lagi dilantik menjadi Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (kanan) saat melepas mantan Walikota Solo Joko Widodo (kiri) yang dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Walikota Solo Joko Widodo, Kamis (4/10) mengumpulkan staf dan jajarannya di lingkungan Pemkot yang terakhir sebelum dirinya dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta. Jokowi, sapaan Walikota Solo, diberi kenang-kenangan sebuah wayang kulit dan keris dari Wakil Walikota (Wawali) FX Hadi Rudyatmo.

Cindera mata yang diberikan oleh Rudy, sapaan Wawali Solo, kepada Jokowi bukanlah tanpa makna. Kenang-kenangan itu diharapkan menjadi pengingat Jokowi sebelum dirinya pergi ke Jakarta untuk dilantik sebagai Gubernur DKI nanti.

“Wayang yang kami serahkan adalah tokoh Puntadewa (Yudhistira),” kata Rudy kepada wartawan.

Dalam dunia pewayangan, Puntadewa adalah putra sulung Pandawa. Sosok Puntadewa sendiri terlihat sederhana dan tidak suka dengan kekerasan. Harapannya, dalam memimpin DKI mendatang, dalam mengambil kebijakan Jokowi lebih mengedepankan rasa kemanusiaan dan cinta kasih. “Kami berharap dalam melayani masyarakat lebih nguwongke uwong,” terangnya.

Sementara, sebilah keris yang diberikan juga memiliki makna sendiri. “Keris merupakan pusaka untuk menunjukkan bahwa seseorang yang mau tempur di hutan belantara harus mempunyai kepercayaan diri yang tinggi,” ungkapnya.

Dipercaya, pembuatan keris oleh Mpu atau pembuat keris terdahulu dilakukan dengan sentuhan halus tangan-tangan para ahli keris. Artinya, dalam membuat kebijakan-kebijakan di tempat baru nanti, Jokowi melakukannya dengan mengedepankan rasa kemanusiaan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge