0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wanita Pembuat Software Jahat Didenda Rp1,5 Triliun

Timlo.net –– Seorang wanita pembuat scareware, salah satu jenis malware (malicious software/software jahat) yang telah menipu lebih dari sejuta orang untuk membayar uang guna memperbaiki masalah-masalah komputer yang tidak ada didenda $163 juta atau sekitar Rp1,5 triliun oleh Federal Trade Commission (FTC).

Wanita tersebut, Kristy Ross juga secara permanen dilarang menjual software keamanan atau segala bentuk software yang menganggu komputer orang-orang.

Kasus ini bermula pada tahun 2008, saat sebuah penipuan menggunakan iklan online menampilkan sebuah peringatan sistem scan palsu yang mengaku bahwa mereka menemukan virus di komputer para pengguna. Para korban diminta untuk membeli software yang bisa memperbaiki masalah ini, dijual seharga $40 hingga $60.

FTC mengatakan lebih dari satu juta orang ditipu sehingga membeli software pembersih palsu ini dengan nama-nama seperti WinFixer, WinAntivirus, DriveCleaner, ErrorSafe dan XP Antivirus.

Penipuan ini berlangsung antara tahun 2000 hingga 2008 dan FTC menduga bahwa sebuah perusahaan, Innovative Marketing, mempromosikan software palsu tersebut. Perusahaan ini mengambil keuntungan lebih dari $60 juta pada tahun-tahun tersebut. Penyelidikan FTC diadakan setelah mereka menerima tiga ribu keluhan mengenai penipuan tersebut.

Dilansir dari techhive.com, ada tujuh orang yang dikenai dakwaan dalam penyelidikan FTC, dua di antaranya diminta untuk mengembalikan uang sebesar $8,2 juta. Dua orang tersebut menyelesaikan kasus mereka dan tiga orang lainnya mangkir dari panggilan pengadilan.

Akan tetapi, denda yang dikenakan FTC terhadap Ross merupakan sebuah denda terbesar dalam kasus ini yaitu sekitar $163 juta. Ross juga dilarang melakukan tindakan marketing apapun yang menipu.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge