0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berikan Akte Kelahiran Gratis, Pemkab Sukoharjo Dapat Penghargaan

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya (dok.tmlo.net/ sahid b sutanto)

Sukoharjo — Diberlakukannya kebijakan pemberian akta kelahiran gratis di Kabupaten Sukoharjo sejak tahun 2011, membuat Pemkab Sukoharjo kembali memperolah penghargaan dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak .

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KPP-KB) Pemkab Sukoharjo, Sutarmo, menjelaskan, penghargaan diterima Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Rabu (3/10) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Pemkab Sukoharjo memiliki Peraturan Daerah (Perda) no 13 tahun 2011 yang menegaskan bahwa akte kelahiran tidak termasuk dalam objek retribusi. Kebijakan tersebut menunjukkan komitmen tinggi dari Bupati Sukoharjo untuk memberikan perlindungan dan jaminan kesejahteraan terhadap anak.

“Karena komitmen memberi perlindungan anak melalui pemberian akte gratis, Sukoharjo menerima penghargaan dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Selain Sukoharjo, ada 5 Kabupaten di Jawa Tengah yang memperoleh penghargaan serupa, yakni, Tegal, Pekalongan, Klaten, Purworejo dan Semarang,” jelas Sutarmo.

Ditambahkan, setelah diberlakukannya kebijakan pemberian akta kelahiran gratis, jumlah anak yang memiliki akte kelahiran meningkat dari 19.985 anak menjadi 27.170 anak.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge