0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPR Syariah Bakal Makin Marak di Solo

LAYANAN SYARIAH-Suasana pelayanan syariah di Bank Muamalat Cabang Solo (Dok. TImlo.net/Andi Penowo)

Solo — Kian moncernya perkembangan pasar perbankan syariah di Tanah Air, tak ayal membuat industri ini tumbuh subur di kawasan Soloraya. Bahkan bisa dipastikan lembaga keuangan seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah bakal makin marak beroperasi di Kota Solo dan sekitarnya.

Saat ini saja, menurut Deputi Bidang Perbankan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Asep Lesmana, sudah ada beberapa kalangan investor yang berniat membuka kantor BPR Syariah di kawasan Soloraya. Bahkan, akhir 2012 ini diperkirakan akan ada satu unit BPR Syariah yang siap membuka operasi.

“Mungkin akhir tahun ini BPR Syariah akan tambah satu lagi,” kata Asep Lesmana saat ditemui wartawan di kantor setempat, Rabu (3/10).

Mengkilapnya pasar perbankan syariah, tak pelak juga memikat para pemain BPR untuk turut menyicipi manisnya potensi pasar yang ada. Sejumlah pelaku lembaga keuangan inipun mencoba berpaling dari sistem konvensional menuju syariah.

Mereka berniat mengonversi BPR konvensional menjadi lembaga keuangan yang menganut sistem syariah. Pihak BI Solo sendiri, diakui Asep Lesmana, jauh-jauh hari telah menerima laporan terkait rencana pembukaan BPR Syariah ini.

“Sudah ada beberapa yang sounding ke kami dan monggo saja, sesuai ketentuannya itu kami tidak membatasi,” ungkapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge