0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Langsung Dikirim ke Mendagri

Surat Pemberhentian Jokowi Sudah Disetujui Gubernur

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solo, Supriyanto (Dok.Timo.net/Daryono)

Solo —  Langkah Joko Widodo (Jokowi) untuk mendapat surat pemberhentian sebagai Wali Kota dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nampaknya akan berjalan  mulus. Saat ini, surat usulan pemberhentian Jokowi dari jabatan Walikota Surakarta telah ditandatangani Gubernur Bibit Waluyo dan kemudian menuju Kantor Mendagri untuk mendapatkan keputusan final.

“Tadi pagi (Rabu 3/10 pagi) informasinya dari pihak provinsi didampingi Sekretaris DPRD Solo sudah berangkat ke Jakarta guna mengantarkan surat tersebut ke Mendagri. Sengaja Sekretaris DPRD Solo mengawal terus karena ini kejar waktu,” ungkap Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto ketika ditemui Rabu (3/10) di Gedung Dewan.

Berdasarkan laporan dari Sekretaris DPRD Solo Toto Amanto, Supriyanto mengatakan bahwa surat yang akan diserahkan kepada Mendagri tersebut sudah ditandatangani Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo pada Selasa (2/10) lalu.

Supriyanto berharap surat tersebut memang dapat segera sampai ke tangan Mendagri untuk nantinya langsung mendapat keputusan. Selain usulan pemberhentian Jokowi sebagai Wali Kota, surat  tersebut juga berisi usulan pemberhentian FX Hadi Rudyatmo sebagai Wakil Wali Kota Solo dan usulan untuk mengangkat FX Hadi Rudyatmo sebagai Walikota Solo menggantikan Jokowi

Menurut Supriyanto, jika Mendagri menyetujui usulan tersebut, maka SK pemberhentian Jokowi sebagai Wali Kota Solo akan menjadi acuan pelantikan dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sedangkan SK pemberhentian Rudy sebagai Wawali Solo dan pengangkatannya sebagai Walikota selanjutnya akan menjadi dasar pelantikan Rudy menjadi Walikota Solo selanjutnya

Supriyanto mengatakan, jika memang proses di pengajuan surat tersebut lancar, maka ada kemungkinan besok, Kamis (4/10) keputusan dari Mendagri bisa terbit. “Kalau hari ini suratnya sudah bisa masuk ke Mendagri, ya bisa saja besok SK-nya sudah bisa keluar. Tapi keputusan final dan proses administrasi itu kan ada di sana. Ya kita tunggu saja,” ujar politisi Partai Demokrat ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge