0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Depo SPBE Gilingan Disulap Jadi Hotel

Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) milik Pertamina Gilingan, Banjarsari, Solo akan disulap jadi Hotel dan Convention Center (timlo.net - dhefi)

Solo – Depo pengisian elpiji pada Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) milik Pertamina Gilingan, Banjarsari, Solo akan disulap menjadi Hotel dan Convention Center. Saat ini, depo SPBE tersebut sudah tidak dioperasikan lagi.

Saat ini, PT Pertamina sedang melakukan pembicaraan intensif dengan Pemkot terkait rencana pembangunan hotel di atas lahan seluas 2,8 hektar tersebut. “Untuk saat ini mereka (Pertamina) belum bicara mengenai nilai investasinya. Baru tahapan awal, membahas ijin yang dibutuhkan apa saja,” kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Ahyani kepada wartawan, Rabu (3/10).

Prosesnya, mulai dari pengajuan ijin sampai dengan realisasi pembangunan hotel menurutnya masih panjang. “Masih sekitar 6 bulan sampai 1 tahun,” tambahnya. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam mengajukan proses perijinan juga masih panjang. Mulai dari pengajuan Ijin Pemanfatan Ruang (IPR), Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), kajian-kajian analisa mengenai dampak dan lingkungan (amdal) maupun amdal lalu lintas (lalin), dan seterusnya.

Jika dilihat dari konsep Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) kawasan tersebut, sudah sesuai dengan yang diajukan oleh Pertamina. “Kawasan itu peruntukannya kan untuk area bisnis dan perdagangan,” ungkapnya.

Sementara, Humas Pertamina Unit Pemasaran IV Jateng dan DIY, Hepi Wulansari mengaku, saat ini pihaknya baru membuat konsep pemanfaatan lahan tersebut. “Kami belum bisa bicara banyak mengenai proses pembangunannya,” terangnya. Sesuai dengan draft pengajuannya, kawasan tersebut akan disulap menjadi Hotel, Convention Hall dan Art Center.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge