0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BI Pacu Perkembangan Bank Syariah

LAYANAN NASABAH-Suasana pelayanan nasabah di Bank Muamalat Cabang Solo (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Bank Indonesia (BI) Solo terus memacu perkembangan bank syariah di kawasan Soloraya, lantaran bank ini memiliki peluang untuk tumbuh lebih pesat lagi. Adapun untuk saat ini, total aset perbankan syariah baru sebesar 5,93 persen dari total aset perbankan.

Selain mendorong perkembangan secara langsung, dikatakan Pejabat Sementara (PjS) Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Eko Purwanto, BI juga senantiasa mendorong secara tidak langsung melalui berbagai upaya.

“Kalau mendorong saya kira kami mendorong baik secara langsung maupun tidak langsung ya. Langsung tentunya melalui peraturan-peraturan yang mendukung berkembangnya bank syariah,” ujar dia, ketika ditemui wartawan di kantor setempat, Rabu (3/10).

Di sisi lain, sambung Eko, BI juga berupaya mendorong perkembangan bank syariah melalui berbagai kugiatan seminar dan sosialisasi dengan melibatkan akademisi perguruan tinggi. Harapannya, pangsa pasar perbankan syariah bisa bertumbuh lima persen hingga sepuluh persen dari tahun ke tahun.

Adapun untuk saat ini, diungkapkan Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Suryono, penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) perbankan syariah Soloraya mencapai Rp 1,87 triliun. Sementara outstanding pembiayaan pada Agustus 2012 sebesar Rp 2,17 triliun.

“Fungsi intermediasi perbankan syariah juga telah berjalan baik, tercermin dari indikator financing to deposit ratio (FDR) yang sudah hampir 116 persen, lebih tinggi dari bank umum,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge