0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waduk Bade Surut, Ikan Menghilang

Air Waduk Bade, Klego, Boyolali mulai menyusut (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Surutnya air di Waduk Bade sangat mempengaruhi habitat ikan di waduk yang terletak di Kecamatan Klego, Boyolali. Bahkan beberapa jenis ikan, seperti karper dan bandeng tawar sudah tidak ada. Hilangnya ikan di waduk Bade diduga karena mati.

Kematian ikan di Waduk Bade diduga akibat tingginya sendimentasi lumpur menyusul surutnya air waduk selama musim kemarau ini. Ikan yang tertinggal di waduk saat ini kecil-kecil dan sulit didapat. Sejumlah nelayan yang mengandalkan ekonomi dari ikan di waduk mengeluhkan kondisi tersebut.

“Ikan yang besar sudah tidak ada, sekarang tinggal kecil-kecil, kalau dijual di pasaran harganya sangat murah,” ungkap Ngatiman, ditemui di pinggiran Waduk Bade, Rabu ( 03/10).

Kondisi ini juga membuang sejumlah branjang atau gubuk untuk menjaring ikan dibiarkan begitu saja. Branjang dibiarkan berada di pinggiran waduk dan tidak bisa digunakan karena air waduk surut hingga sebatas pinggang orang dewasa. Nelayan terpaksa menangkap ikan dengan cara menjaring secara manual. Hasil tangkapan tentunya menurun drastis.

Berkurangnya habitat ikan di Waduk Bade diakui salah satu petugas operasional bendung Waduk Bade, Sutardi. Berkurangnya ikan di waduk sudah dirasakan sejak tiga bulan lalu, hanya saja saat ini kondisinya semakin parah. ”Air surut, ikan di waduk juga semakin susut,” tandasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge