0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertamina Rilis 120 Ton Zat Pendingin Ramah Lingkungan

SOSIALISASI REFRIGERANT-Sosialisasi refrigerant hydrocarbon ramah lingkungan MUSIcool Pertamina, di The Sunan Hotel Solo, Rabu (3/10) (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — PT Pertamina (Persero) setiap bulan merilis alias memroduksi 120 ton hingga 180 ton refrigerant ramah lingkungan, MUSIcool.

MUSIcool adalah refrigerant berbahan dasar hidrokarbon yang dihasilkan dari Kilang Migas. Selanjutnya diformulasikan sebagai pengganti refrigerant sintetis kelompok Halokarbon yang masih memiliki potensi merusak lingkungan. Dalam hal penipisan lapisan ozon dan pemanasan global seperti chloro fluoro carbon (CFC).

Refrigerant ramah lingkungan ini, menurut Manajer Pemasaran LPG Pertamina Area Jateng Selatan-DIY, Totok Sugiharto, mampu menghemat energi sekira 20 persen ketimbang refrigerant sintetis.

“Oleh sebab itu, bersama mitra agen kami melakukan sosialisasi ke pemerintah dan pelaku usaha untuk penggunaan MUSIcool dengan disertai contoh-contoh konkret,” katanya kepada wartawan, di sela-sela acara Sosialisasi Refrigerant Hydrocarbon Ramah Lingkungan MUSIcool Pertamina, di The Sunan Hotel Solo, Rabu (3/10).

MUSIcool diklaim lebih ramah lingkungan lantaran merupakan bahan hidrokarbon murni. Dengan demikian, pelepasannya ke udara bebas tidak merusak lapisan ozon, serta tidak berpotensi menimbulkan pemanasan global.

Di sisi lain, zat pendingin ini dinilai lebih hemat energi lantaran MUSIcool memiliki karakteristik termodinamika yang lebih baik. Dengan begitu mampu menghemat pemakaian energi hingga rata-rata 20 persen dibanding refrigerant kelompok fluorocarbon pada kapasitas mesin pendingin yang sama.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge