0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Refrigerant Hidrokarbon Merangsek Pasar Solo

SOSIALISASI REFRIGERANT-Sosialisasi refrigerant hydrocarbon ramah lingkungan MUSIcool Pertamina, di The Sunan Hotel Solo, Rabu (3/10) (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Refrigerant hidrokarbon garapan PT Pertamina (Persero), MUSIcool belakangan kian agresif merangsek pasar Solo. Produk zat pendingin yang diklaim ramah lingkungan ini terus digeber penjualannya demi menggeser dominasi refrigerant sintetis.

Saat ini pun, Pertamina terus menyosialisasikan penggunaan MUSIcool ke berbagai kalangan industri, termasuk pemerintah daerah. Selain pada pengelola hotel dan pusat perbelanjaan modern, dikatakan Manajer Pemasaran LPG Pertamina Area Jateng Selatan-DIY, Totok Sugiharto, Pertamina juga aktif menggelar sosialisasi ke sekolah-sekolah termasuk pada produsen air conditioner (AC).

“Bersama mitra agen, kami melakukan sosialisasi ke pemerintah dan pelaku usaha untuk penggunaan MUSIcool dengan disertai contoh-contoh konkret. Sasaran kami gedung pemerintah, hotel, rumah sakit, mall, masyarakat, termasuk produsen AC,” ujarnya kepada wartawan, di sela-sela acara Sosialisasi Refrigerant Hydrocarbon Ramah Lingkungan MUSIcool Pertamina, di The Sunan Hotel Solo, Rabu (3/10).

Sementara menyinggung soal serapan pasar, diakui Totok, sejauh ini permintaan refrigerant MUSIcool masih relatif rendah. Di area Jateng Selatan-DIY saja, saat ini permintaannya baru di kisaran sepuluh persen hingga 20 persen saja dari jumlah yang dipasarkan.

“Ini karena sosialisasinya masih kurang. Di samping itu, teknisi (AC) dengan adanya produk baru belum memahami, makanya kemarin kami melakukan pelatihan teknisi,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge