0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PDAM Sragen Rencana Naikkan Tarif

Direktur PDAM Sragen, Joko Suprapto (dudukm kiri) dan Direktur Tekhnik, Sukarno (kanan) memberikan penjelasan kepada wartawan tentang rencana kenaikan tarif dasar air. (dok.timlo.net/agung)

Sragen —  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sragen menyatakan masih mematangkan kajian terhadap wacana kenaikan tarif dasar tahun 2013 mendatang. Sebab, realita yang dirasakan dana penyertaan modal Rp 1,9 miliar yang digelontorkan ke PDAM tahun 2012 dinilai masih belum seberapa jika dibanding beban berat PDAM yang harus mengejar target 65.500 pelanggan sampai tahun 2015.

Direktur PDAM Sragen Joko Suprapto mengatakan, permintaan DPRD agar PDAM tidak menaikkan tarif sebenarnya cukup bisa dipahami. Namun, di sisi lain PDAM sendiri juga dihadapkan pada tuntutan program Millennium Development Goals (MDGs) secara nasional, di mana pada akhir tahun 2015 jumlah total pelanggan di Sragen minimal harus mencapai 65.500 unit.

Menurut Joko, dengan jumlah pelanggan PDAM Sragen yang baru sekitar 38.000 pada 2011, untuk menuju MDGs masih ada kekurangan 27.500 sambungan baru yang harus dikejar dalam kurun waktu 4 tahun.  “Penambahan sambungan baru tersebut memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga dana Rp 1,9 miliar itu jika dibandingkan dengan kebutuhan riil untuk perluasan jaringan belum begitu besar manfaatnya,” kata Joko didampingi Direktur Tekhnik PDAM, Sukarno kepada wartawan, kemarin.

Sejauh ini perkembangan PDAM Sragen sebenarnya sudah dinilai positif dibanding beberapa daerah di ekskaresidenan Surakarta. Namun dari sisi penyertaan modal Pemkab, masih terlalu jauh dibanding daerah lain.

Joko menambahkan, meski terbilang kecil, pihaknya mengapresiasi kesediaan DPRD menggelontorkan penyertaan modal Rp 1,9 miliar tersebut. Akan tetapi soal permintaan tidak menaikkan tarif dasar, menurutnya, perlu kajian lebih mendalam lagi. Pihaknya juga akan berkoordinasi kembali dengan DPRD terkait permasalahan itu, sehingga dapat dicari titik temu antara kedua belah pihak.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge