0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Kasda Jadi Catatan di APBD Perubahan 2012

Disaksikan semua pimpinan DPRD Sragen, Bupati Agus Fatchur Rahman didampingi Wabup Daryanto (kiri) menandatangani Perda tentang APBD Perubahan 2012. (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2012 akhirnya ditetapkan menjadi Perda dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Sragen, Selasa (2/10). Sidang Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sugiyamto dan dihadiri Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman dan Wakil Bupati Daryanto serta semua kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sragen.

Sebelumnya, 6 fraksi di DPRD satu per satu membacakan pandangan akhir fraksi terhadap Raperda APBD Perubahan 2012 melalui juru bicara mereka. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Perda antara bupati dan semua pimpinan DPRD Sragen.

Dalam sambutannya, Bupati Agus Fatchur Rahman menyinggung masalah Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR) terhadap masalah kas daerah sebesar Rp 11 miliar yang telah mendapat putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA). Bupati menjelaskan, dalam permasalahan kasda tersebut pihaknya bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD telah melakukan konsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan Daerah (BPKD).

BPKD meminta agar Pemkab Sragen membuat Tim Penyelesaian Kerugian Daerah (TPKD) dan laporan lengkap masalah Kasda dari awal hingga ada keputusan kasasi dari MA yang telah menjatuhkan vonis 7 tahun penjara dan membayar kerugian negara sebesar Rp 11 miliar.

“Kita hanya diminta untuk menjelaskan kronologi munculnya kasus Kasda tersebut sejak awal sampai akhir, sejak pemindahan dari BPR Joko Tingkir, pencairan sampai munculnya keputusan di Pengadilan Tipikor dan kasasi di Mahkamah Agung,” kata  Bupati.

Dijelaskan, dari hasil konsultasi tersebut dia juga mendapat penjelasan dari BPKD, bahwa kasus Kasda yang ada di Sragen adalah satu-satunya kasus yang ada di Indonesia yang akan menjadi pembahasan di tingkat nasional di Jakarta.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge