0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Asean Energy Award

Hotel Boutique Solo Sabet Penghargaan Asean

RUMAH TURI-Hotel boutique Rumah Turi yang berlokasi di kawasan Turisari (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Salah satu hotel boutique yang beroperasi di Kota Solo, Rumah Turi, baru-baru ini berhasil menyabet penghargaan tingkat Asean. Hotel yang berlokasi di kawasan Turisari ini sukses mencuri perhatian masyarakat internasional lantaran tampil menawan dengan mengadopsi konsep ramah lingkungan.

Rumah Turi berhasil memenangkan ‘Asean Energy Award’ dari Asean Ministerial Energy, lantaran dinilai memiliki keterikatan terhadap lingkungan sekitar. Dengan memadukan unsur-unsur alam dalam setiap detil interior dan eksteriornya, wajar jika hotel ini dinobatkan sebagai jawara dalam kategori Tropical Building.

Selain menghadirkan suasana hijau pepohonan dan tumbuh-tumbuhan dalam setiap sudutnya, hotel yang kerap disinggahi wisatawan asal Perancis ini cenderung menggunakan material dari daur ulang limbah kayu dalam berbagai sarana pendukungnya.

Demikian pula dalam pewarnaan dinding, cat yang digunakanpun tidak menggunakan pewarna kimia sebagaimana bangunan pada umumnya, namun cenderung memanfaatkan serbuk batu bata merah sebagai bahan dasar pewarnaan. Tak hanya itu, guna menambah kesejukan dan memperkaya suplai oksigen, pengelola menghadirkan hujan buatan dari daur ulang air bekas pakai.

Adapun untuk penyerahan penghargaan sendiri, menurut Sales and Marketing Manager Rumah Turi, Yuliastuti Kartikasari, dilakukan di Phnom Penh, Kamboja pada 12 September 2012 lalu. Sebelumnya, hotel dengan 18 kamar ini juga berhasil menggaet penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge