0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Air Waduk Bade Tinggal 10 %, Petani Ketar-ketir

Waduk Bade kian menyusut, airnya diprediksi tinggal 10 persen (dok.timlo,net/nanin)

Boyolali — Kondisi air di Waduk Bade, Kecamatan Klego, Boyolali terus berkurang. Air di Waduk Bade saat ini tinggal 10 persen saja. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan para petani. Selain itu, bila dalam dua bulan hujan tidak kunjung turun, air di waduk akan habis.

Habisnya air Waduk Bade akan mengakibatkan 500 hektar lahan pertanian puso. Saat ini saja, dari 500 hektar lahan pertanian yang memanfaatkan air Waduk Bade, tinggal 25 hektar yang masih bisa memanfaatkan air waduk. Sementara sisanya, terpaksa tidak ditanami.

Untuk kondisi di Waduk Bade sendiri, air yang menyusut sebatas pinggang orang dewasa,sementara tanah di pinggir waduk terlihat mengering dan pecah-pecah. Selain air menyusut, sendimentasi di Waduk Bade sangat tinggi. Air yang tersisa hanya 1 meter saja sementara sisanya adalah lumpur.

“Kita sudah melakukan berbagai upaya, termasuk didalamnya melakukan komunikasi dengan petani, agar mereka untuk sementara menanam palawija,karena kebutuhan airnya sangat sedikit,tapi kalau tetap menanam padi,pihaknya hanya menghimbau jangan sampai terjadi rebutan air,” ujar petugas Waduk Bade, Sutardi, Selasa (2/10).

Dijelaskan, saat ini volume waduk hanya tersisa sekitar 294.400 m3 dengan ketinggian elevasi 233,84 m di atas permukaan laut (Mdpl). Selain itu kedalaman air di dekat intake tinggal sekitar 2,35 m, namun rata-rata di tengah waduk tinggal satu meter saja. Padahal dalahm kondisi normal, kedalaman waduk rata-rata mencapai delapa meter, volume 2,7 juta m3 dan dengan ketinggian elevasi 239,50 m.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge