0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Pangan Melorot, Solo Deflasi 0,57 Persen

Ilustrasi (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Melorotnya harga sejumlah komoditas pangan selama September 2012 lalu, tak pelak membuat Kota Solo mengalami deflasi sebesar 0,57 persen.

Kepala Seksi Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surakarta, Herminawati, menjelaskan deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 2,53 persen, serta kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,76 persen.

“Perkembangan harga berbagai komoditas pada September lalu secara umum menunjukkan adanya penurunan. Berdasarkan hasil pemantauan BPS terjadi deflasi 0,57 persen atau terjadi penurunan indeks harga konsumen (IHK) dari 124,15 pada Agustus menjadi 123,44 pada September,” ungkap Herminawati, ketika ditemui wartawan di kantor setempat, Selasa (2/10).

Pada September, kelompok bahan makanan mengalami deflasi sebesar 2,53 persen. Dari sebelas subkelompok yang ada dalam kelompok ini, Herminawati mengatakan, sembilan subkelompok di antaranya mengalami deflasi, sementara dua subkelompok mengalami inflasi.

Adapun untuk deflasi tertinggi terjadi pada subkelompok sayur-sayuran sebesar 7,55 persen. Sementara deflasi terendah terjadi pada subkelompok ikan segar sebesar 0,14 persen.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge