0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingin Bergairah? Gampang, Lihat Saja Foto Bayi Hewan!

Timlo.net — Sebuah penelitian baru telah menyimpulkan bahwa melihat gambar-gambar bayi hewan bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus atau membangkitkan semangat (gairah) kerja seseorang.

Orang Jepang sudah lama mengetahui bahwa hal-hal lucu menghasilkan perasaan bahagia, tapi ternyata hal-hal lucu bisa menghasilkan efek lebih. Para peneliti dari Graduate School of Integrated Arts and Sciences, Universitas Hiroshima, telah menemukan bahwa melihat foto bayi-bayi hewan yang lucu dan menawan memberikan kepada para pekerja peningkatan produktivitas.

Penelitian tersebut, “The Power of Kawaii,” dipublikasikan minggu lalu dalam jurnal ilmiah PLOS One, membagi partisipan dalam tiga kelompok. Grup pertama, 48 mahasiswa diminta untuk memainkan sebuah game serupa dengan game Operation. Di sela-sela permainan, para mahasiswa itu diminta melihat sebuah kartu dengan gambar hewan dewasa atau bayi hewan. Mereka yang melihat gambar bayi hewan memiliki kinerja 44 persen lebih baik dalam game tersebut, walaupun mereka memerlukan waktu sedikit lebih lama.

Dalam grup kedua, terdiri dari 48 mahasiswa, diminta untuk mengikuti sebuah tes visual di mana mereka harus menemukan angka tertentu dalam sebuah kisi tanpa bantuan alat penunjuk. Di sela-sela tes, sepertiga anggota grup melihat foto bayi hewan, sepertiga yang lain melihat foto hewan dewasa dan sepertiga diminta melihat gambar makanan lezat. Mereka yang melihat foto bayi hewan bekerja 16 persen lebih baik, sementara mereka yang melihat foto makanan tidak mengalami perubahan apapun.

Dalam bagian ketiga dalam penelitian, 36 peserta dites untuk waktu reaksi mereka, diminta untuk mengatakan apa sebuah gambar yang ditunjukkan pada mereka menunjukkan huruf H atau L.  Melihat gambar bayi hewan ternyata mengurangi tingkat kesalahan para peserta.

Menurut penelitian tersebut, dilansir oleh CNet Australia, hasil-hasil yang ada mengulang dan memperpanjang hasil penelitian yang dilakukan Sherman bahwa melihat gambar-gambar lucu memiliki efek positif pada kinerja perilaku dalam tugas-tugas yang memerlukan sikap hati-hati. Efek yang muncul tidak hanya sebatas pada wilayah motorik, tapi juga wilayah persepsi.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge