0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tempat Ibadah di Wonogiri Dapat Hibah Rp 1,5 Miliar

Rohimam, Kasubag Keagamaan Bagian Kesra Setda Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Sebanyak 285 tempat ibadah di Wonogiri tahun 2012 mendapat bantuan dana hibah senilai Rp 1,5 miliar. Dana tersebut diperuntukkan bagi keperluan rehabilitasi bangunan, pembelian almari buku dan pengadaan sarana.

Tahap pertama pencairan dana dilaksanakan hari ini, Selasa (2/10) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Besaran dana yang diterima masing-masing tempat ibadah sekitar Rp 4 juta. Untuk tahapan kedua masih menunggu sekitar akhir tahun.

“Tahap pertama total nilai hibah Rp 855 juta, untuk stimulan bantuan 285 masjid, mushola, gereja dan vihara. Tahap kedua sekitar Rp 646 juta dana dari APBD 2012,” tutur Kasubag Keagamaan pada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Wonogiri, Rohimam usai penyerahan bantuan.

Dijelaskan, khusus pura tidak mendapat porsi bantuan hibah. Pasalnya pura di Wonogiri tidak berada di bawah ranah kerja Kesra.

“Pura di Pracimantoro (Pura Puncak komplek Museum Karst Dunia –Red) tidak di bawah kita, kemungkinan malah langsung antar Provinsi Jateng dan Bali, yang dapat ya masjid, mushola, gereja dan vihara,” tambah Rohimam.

Selain dana hibah, ada dana sekitar Rp 600 juta bantuan 246 TPQ (Taman Pendidikan Quran), 11 Madrasah Diniyah (setingkat TK), dan 20 pondok pesantren. Serta dana sebesar Rp 90 juta bagi kepentingan stimulan 30 sarana ibadah dari APBD Perubahan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge