0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tips Melindungi BlackBerry dari Serangan Hacker

BlackBerry. (Dok:Timlo.net/Ranu Ario)

Timlo.netHacker bisa mengakses BlackBerry Anda walaupun smartphone ini masih berada di kantong Anda, jadi Anda tidak perlu kehilangan BlackBerry Anda supaya informasi-informasi yang ada di dalamnya bisa diambil orang. Jika Anda menggunakan BlackBerry untuk keperluan bisnis, sanggat penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan melawan pembobolan dan pencurian data. Gunakan password dan cara-cara sederhana lainnya untuk mengamankan BlackBerry Anda.

Seperti dilansir dari smallbusiness.chron.com, berikut langkah-langkah untuk mengamankan BlackBerry Anda:

Gunakan Password

Lindungi BlackBerry Anda dengan password untuk mencegah siapapun mengakses ponsel Anda seandainya hilang atau dicuri orang. Buka menu “Option,” carilah pilihan untuk mengaktifkan password, terletak di bawah submenu “Security”. Gunakan sebuah password yang tidak bisa ditebak orang dengan mudah, tapi yang mudah diingat oleh Anda.

Gunakan Password Keeper

Jika Anda memiliki masalah mengingat password-password yang berbeda untuk berbagai email dan akun online, gunakan Password Keeper di BlackBerry Anda, sebuah aplikasi yang bisa menyimpan semua password Anda dalam sebuah lokasi tunggal yang dilindungi oleh satu password utama.

Lindungi informasi Anda

Saat menggunakan BlackBerry di tempat umum, waspadalah akan adanya kemungkinan bahwa orang lain di dekat Anda bisa membaca apa yang Anda ketik. Termasuk password, login email, detail akun bank dan informasi sensitif lainnya. Berhati-hatilah dan jangan biarkan orang lain membaca apa yang Anda ketik. Jangan menggeletakkan BlackBerry Anda di sembarang tempat tapi bawalah terus bersama Anda.

Gunakan Software Keamanan

Malware atau malicious software (software jahat) termasuk spyware (software mata-mata) membuat orang lain bisa melihat dan mencuri data dari BlackBerry Anda. Sementara  software keylogger bisa merekam apa yang Anda ketik. Karenanya siapapun yang memasang software keylogger bisa tahu password Anda dan kode yang membuat orang lain bisa mengontrol BlackBerry Anda dari jauh.

Untuk menangkal software ini gunakanlah software keamanan seperti WaveSecure for BlackBerry dan Kaspersky Mobile Security.

Amankan akses Wi-Fi dan Bluetooth

Jaringan-jaringan Wi-Fi dan Bluetooth juga bisa digunakan untuk mencuri informasi dari BlackBerry. Jangan biarkan BlackBerry Anda terhubung dengan koneksi Wi-Fi secara otomatis, dan matikan Bluetooth saat Anda tidak menggunakannya.

Gunakan password untuk data Anda juga

Gunakan password juga untuk data Anda, sehingga bila BlackBerry Anda dicuri atau hilang bila mereka bisa membobol password untuk menggunakan BlackBerry, mereka harus berusaha keras untuk membobol password data Anda.

Gunakan BlackBerry Enteprise Server

Pesan dan informasi yang dikirim dari BlackBerry Anda bisa dicegat oleh pihak yang tidak berwenang. Bila Anda menggunakan BlackBerry Anda untuk keperluan bisnis, gunakanlah BlackBerry Enteprise Server sehingga komunikasi Anda dengan perusahaan dan pegawai bisa lebih aman.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge