0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Qurban, Sapi dan Kambing di Pasar Hewan Diperiksa

Menjelang Idul Adha, kambing dan sapi di Pasar Hewan diperiksa kesehatannya. (dok.timlo.net/indratno eprilianto)

Klaten — Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Klaten, Selasa (2/10) pagi melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, baik sapi maupun kambing ke sejumlah pasar hewan di wilayah ini. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi peredaran hewan kurban yang tidak sehat atau membawa penyakit menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha.

“Pemeriksaan ini dilakukan guna mengetahui apakah hewan kurban seperti sapi maupun kambing mengandung penyakit atau tidak,” ujar Kepala UPTD RPH Klaten, Murtopo, di sela memeriksa hewan kurban di Pasar Hewan Pedan, Selasa (2/10).

Murtopo menjelaskan, kewaspadaan terutama pada penyakit cacing hati maupun Antraks yang biasa diderita pada sapi. Sedangkan pada kambing yakni penyakit paru-paru.

“Dengan dilakukan pemeriksaan diharapkan warga akan mendapatkan daging yang layak konsumsi dan halal saat pelaksanaan perayaan Idul Adha mendatang,” jelas Murtopo.

Ditambahkan, pemeriksaan seperti ini akan terus dilakukan secara kontinyu dengan menerjunkan tim. Tidak hanya di pasar hewan, namun pemeriksaan juga dilakukan di sejumlah tempat-tempat penampungan hewan kurban dadakan.

“Kami tidak ingin pada momen perayaan kurban digunakan pedagang nakal yang hanya mencari keuntungan dengan menjual hewan tak sehat,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge